Rabu, 15 Desember 2010

Sumber Tegangan (Voltage Source)

Tegangan atau seringkali orang menyebut dengan beda potensial dalam bahasa Inggris voltage adalah kerja yang dilakukan untuk menggerakkan satu muatan (sebesar satu coulomb) pada elemen atau komponen dari satu terminal/kutub ke terminal/kutub lainnya, atau pada kedua terminal/kutub akan mempunyai beda potensial jika kita menggerakkan/memindahkan muatan sebesar satu coulomb dari satu terminal ke terminal lainnya.
Keterkaitan antara kerja yang dilakukan sebenarnya adalah energi yang dikeluarkan, sehingga pengertian diatas dapat dipersingkat bahwa tegangan adalah energi per satuan muatan.
Secara matematis :


Satuannya : Volt (V)

Pada gambar diatas, jika terminal/kutub A mempunyai potensial lebih tinggi dari pada potensial di terminal/kutub B. Maka ada dua istilah yang seringkali dipakai pada Rangkaian Listrik, yaitu :
1. Tegangan turun/ voltage dropJika dipandang dari potensial lebih tinggi ke potensial lebih rendah dalam hal ini dari terminal A ke terminal B.

2. Tegangan naik/ voltage riseJika dipandang dari potensial lebih rendah ke potensial lebih tinggi dalam hal ini dari terminal B ke terminal A.
Pada artikel ini istilah yang akan dipakai adalah pengertian pada item nomor 1 yaitu tegangan turun karena istilah tersebut lebih banyak digunakan. Maka jika beda potensial antara kedua titik tersebut adalah sebesar 5 Volt, maka VAB = 5 Volt dan VBA = -5 Volt.

Suatu rangkaian listrik terdiri dari beberapa elemen penyusun, di antaranya elemen aktif dan elemen pasif. Elemen aktif adalah elemen yang
menghasilkan energi dalam hal ini adalah sumber tegangan dan sumber arus. Elemen pasif adalah elemen yang tidak dapat menghasilkan energi atau elemen yang hanya dapat menyerap energi. Pada artikel kali ini yang akan dibahas mengenai elemen aktif berupa sumber tegangan. Ada beberapa jenis sumber tegangan yang digunakan dalam suatu rangkaian listrik, yaitu:

1. Sumber tegangan ideal (ideal voltage source)
Sumber tegangan ideal adalah suatu sumber yang menghasilkan tegangan yang tetap, tidak tergantung pada arus yang mengalir pada sumber tersebut, meskipun tegangan tersebut merupakan fungsi dari t. Sumber tegangan ideal memiliki sifat nilai resistansi dalam Rd = 0.
a. Sumber Tegangan Bebas (Independent Voltage Source)
Sumber yang menghasilkan tegangan tetap tetapi mempunyai sifat khusus yaitu harga tegangannya tidak bergantung pada harga tegangan atau arus lainnya, artinya nilai tersebut berasal dari sumbet tegangan dia sendiri.
Simbol :

b. Sumber Tegangan Tidak Bebas (Dependent Voltage Source)
Mempunyai sifat khusus yaitu harga tegangan bergantung pada harga tegangan atau arus lainnya.
Simbol :

1 komentar:

  1. Bengkel Ulik: Sumber Tegangan (Voltage Source) >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Bengkel Ulik: Sumber Tegangan (Voltage Source) >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Bengkel Ulik: Sumber Tegangan (Voltage Source) >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    BalasHapus

Top List